Definisi Bimbingan dan Konseling


Apa kabar kawan? Semoga dalam keaadan sehat, baik kali ini saya mau ngasih tahu kepada kalian  tentang definisi bimbingan dan konseling ya mungkin ada yang lupa aau ada yang belum tahu mengenai definisi bimbingan konseling, baiklah mari kita lihat

Definisi Bimbingan
Secara etimologis, istilah bimbingan merupakan alih bahasa dari bahasa inggris: “guidance”, yang merupakan bentuk infinitive dari kata kerja “to guide”, yang berarti: menunjukan membimbing atau menuntun orang lain ke jalan yang benar. Jadi istilah bimbingan secara etimologis berarti: pemberian petunjuk, pemberian bimbingan atau tuntunan kepada orang lain ke jalan yang benar.
Secara terminologis, pengertian bimbingan antara lain dikemukakan oleh jones sebagai berikut:

Guidance is the help given by one person to anather in making shoices and adjustment and in solving problems. Guidance aims at aiding the recipient to grow his independence and ability to be responsible for him self.

Sedangkan yang dikemukakan oleh crow and crow sebagai berikut:

Guidance is assistance made available by competent counselors to an individual of any age to help him direct his own life, develop his own decisions, and carry his burdens.

Dari dua pendapat tersebut, dapat dikemukakan bahwa bimbingan itu merupakan bantuan yang diberikan kepada individu untuk mengembangkan kemampuan-kemampuannya dengan baik agar individu itu dapat memecahkan masalahnya sendiri dan dapat mengadakan penyesuaian diri dengan baik.

Definisi bimbingan yang mencakup lebih luas, yaitu sebagai berikut:
Bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang yang ahli kepada seorang atau beberapa orang individu, baik anak-anak, remaja maupun dewasa dalam menghindari atau mengatasi problema-problema didalam kehidupannya sehingga tercapai kebahagiaan hidupnya.

Definisi Konseling
Adapun istilah konseling, secara etimologis juga merupakan alih bahasa dari bahasa inggris:
“counseling”, yang merupakan bentuk infinitive dari kata kerja “to counsel”, yang berarti: memberikan nasehat kepada orang lain secara face to face (berhadapan muka satu sama lain) atau kontak langsung.

Jadi istilah konseling secara etimologis berarti: pemberian nasehat kepada orang lain secara individual yang dilakukan dengan cara face to face atau degan kontak langsung.
Sedangkan pengertian konseling secara terminologis, antara lain dikemukakan oleh jones yang diambil dari pendapat bordin yaitu:
Counseling is the process of aiding an individual to solve his problems through the medium of the interview

Disamping itu blum and balinsky mengajukan pendapat sebagai berikut:
Counseling is the solution to an individuals problem

Dari dua pendapat tersebut, dapat dikemukakan bahwa konseling merupakan bantuan yang diberikan kepada individu dalam memecahkan masalah dengan wawancara.
Definisi konseling yang mencakup lebih luas, yaitu sebagai berikut:
Konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seorang ahli (konselor) kepada individu yang sedang mengalami masalah (klien) dalam upaya mengatasi problema kehidupannya secara face to face tau kontak langsung dengan wawancara sesuai dengan keadaan individu yang dihadapinya sehingga tercapai kebahagiaan hidupnya.

baik itulah definisi mengenai bimbingan dan konseling, terimakasih telah membaca artikel saya dan semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.