Membangun Generasi Baru Yang Berintegritas dan Anti Korupsi

Apa kabar kawan? semoga dalam keadaan sehat, kali ini ane mau ngasih tau tentang membangun generasi baru yang berintegritas dan anti korupsi baik mari kita lihat.

Narasumber: Irjen.pol (purn) Basaria Panjaitan.S.H.M.H (wakil ketua KPK)

Generasi baru atau lebih dikenal dengan generasi muda sangatlah berperan penting dalam jiwa bangsa terutama dalam menegakkan kebenaran, generasi muda juga berperan penting dalam proses kemerdekaan bangsa ini, dimana kemerdekaan bangsa Indonesia juga tak terlepas dari peran generasi muda pada saat itu seperti soekarno dan bung hatta, sejarah juga mencatatkan pada tahun 1998 generasi muda yang mengenyam dunia perguruan tinggi berhasil menurunkan presiden pada saat itu soeharto yang mana pada saat itu ekonomi bangsa sangatlah rendahbahkan mempunyai hutang dimana-mana.
Begitu pula generasi muda pada zaman sekarang, bahwasannya genersi muda zaman sekarang mempunyai integritas dan anti korupsi, hal ini harus ditanamkan kepada setiap individu generasi muda sejak dini agar hal ini menjadi sebuah kebiasaan yang baik dan dapat membantu perkembangan bangsa ini bukan malah memper buruk keadaan dengan menjadi koruptor.
Menurut ibu basaria panjaitan ada tiga unsur yang harus diterapkan dalam setiap individu:
1. jujur dalam berpikir
2. jujur dalam berbicara
3. jujur dalam bertindak
tiga hal tersebut tidak bisa terpisahkan dan bahkan harus saling berkesinambungan karena semua unsur tersebut mempunyai peran yang sangat penting dalam menjadikan individu yang berintegritas.
Kemudian ibu basaria juga menjelaskan bahwasannya setiap individu harus mempunyai kepribadian yang sabar dan sederhana dalam kehidupan, yang mana banyak para koruptor sebenarnya dia termasuk dalam kategori mampu dalam menjalani kehidupan, namun didalam pola kehidupannya dia tidak terdapat sikap sabar dan sederhana sehingga hal tersebut menimbulkan sikap yang serakah, apalagi ketika ada suatu kesempatan yang dia peroleh untuk melakukan tindak korupsi tersebut.
Bahkan pada saat ini korupsi tidak hanya berada dalam kalangan pejabat saja melainkan sudah masuk dalam ranah pendidikan dan juga pemerintah desa seperti pemberian dana hibah desa, yang mana banyak sekali perbuatan tindak korupsi bukan hanya dikalangan para pejabat tinggi saja melainkan sudah tersebar dikalangan pejabat desa, hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja karena nantinya akan memperburuk keadaan bangsa indonesia oleh karena itu para masyarakat indonesia ketika melihat tindak korupsi segera melaporkan kepada aparatur negara atau bisa ke polisi sekitar.

bangsa yang maju ialah bangsa yang yang terbebas dari tindak korupsi, oleh karena itu mari bantulah negara ini untuk memberantas tindak korupsi disetiap lini.
baik sekian dulu untuk artikel saya kali ini semoga dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih.